OMHAX

Komunitas Ubuntu Ingin Buat Masyarakat Indonesia 'Sadar'

Jakarta - Di Indonesia berdiri salah satu komunitas bagi para penggiat open source yang punya tujuan mulia, yakni ingin membuat masyarakat Indonesia sadar untuk tidak tergantung dengan proprietary software.

Hal tersebut dicetuskan oleh Gary Dean, warga Australia yang mendirikan forum online untuk komunitas Ubuntu di Indonesia.

"Kalau saya lihat, masyarakat Indonesia itu banyak bergantung dengan proprietary software yang dimiliki perusahaan asing, ini kan tidak baik," kata Dean, saat ditemui detikINET di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Atas dasar itulah, lelaki yang kini menetap di Indonesia itu tergerak untuk membuat wadah bagi para pecinta open source. Khususnya mereka yang menggunakan sistem operasi Ubuntu.

"Saya sengaja menciptakan forum ini sebagai tempat berbagi antar pengguna Ubuntu, jadi segala macam kesulitan bisa didiskusikan di sini," tambah Dean.

Menurut Dean Ubuntu merupakan salah satu varian Linux yang punya banyak pengguna di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini juga bisa diketahui dari tingginya aktivitas di forum online yang beralamatkan di ubuntu-indonesia.com.

"Saya dirikan forum ini 1 Januari 2010, dan hingga kini sudah ada 20 ribu anggota yang tedaftar. Mengenai aktivitas di dalamnya saya sudah tidak banyak terlibat, semua komunitas yang menjalankan," tandas Dean, usai memperkenalkan Ubuntu 12.04 LTS, Sabtu (12/5/2012).



( eno / fyk )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tahunet

You must know everything...

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Popular Posts

Iklan Tengah Artikel 1

Related Ongoing

Iklan Tengah Artikel 2

Related Anime

Iklan Bawah Artikel

Latest Anime

News Anime Episodes

Latest BD

Popular Posts

Advertising